Kapan dan Tanggal Berapa Puasa Bulan Ramadhan 2012 Muhammadiyah NU Pemerintah?

Muhammadiyah menetapkan awal puasa 1 Ramadan jatuh pada 20 Juli 2012. Sedangkan NU dan pemerintah diperkirakan pada 21 Juli 2012. Jadi ada perbedaan dalam awal puasa.
Dari perjalanan bulan, diketahui bahwa pada magrib akhir sya"ban atau 19 Juli 2012 nanti bulan telah wujud atau tampak di Indonesia. Tetapi ketinggiannya kurang dari imkan rukyat. Ketentuan Imkan rukyat menggunakan kriteria yang disepakati ketinggian bulan minimal 2 derajat.

Nah, karena pada 19 Juli 2012 bulan sudah wujud tetapi kurang dari 2 derajat, maka pengguna hisab wujudul hilal akan menetapkan awal Ramadan jatuh pada 20 juli. Pengguna hisab wujudul hilal ini diantaranya adalah Muhammadiyah.

Sedangkan ormas yang menggunkan hisab imkan rukyat akan menetapkan 1 Ramadan pada 21 Juli. Sementara itu, posisi hilal yang rendah tadi (antara 0 " 2 derajat) tidak mungkin akan berhasil di-rukyat pada 19 Juli. "Maka pengguna rukyat kemungkinan besar menetapkan 1 Ramadan jatuh pada 21 Juli. Pengguna rukyat ini diantaranya adalah pemerintah dan NU (Nahdlatul Ulama).

Thomas menyimpulkan, Muhammadiyah berpotensi mengawali berpuasa ketimbang ketetapan pemerintah yaitu pada 20 Juli 2012. Sementara pemerintah dan biasanya diikuti ormas-ormas lain terutama NU, akan menjalankan ibadah puasa mulai 21 Juli 2012.

"Potensi perbedaan hanya pada 1 Ramadan. Untuk 1 Syawal atau lebaran berpotensi kompak," kata dia. Penetapan 1 Syawal yang kompak ini terjadi karena posisi bulan sudah cukup tinggi pada akhir Ramadan.
Awal Puasa Ramadhan 2012 mungkin akan berbeda namun itu tidak berlaku pada Idul Fitri 2012, Hari raya Idul Fitri diperkirakan akan dirayakan bersamaan.

Semoga bermanfaat ^_^

0 komentar:

Terimakasih telah berkomentar dengan kata-kata yang baik